“5 Kesalahan Pengaturan Keuangan yang Mungkin Kamu Lakukan - Bintang.com”

Selasa, 11 Agustus 2015

“5 Kesalahan Pengaturan Keuangan yang Mungkin Kamu Lakukan - Bintang.com”


5 Kesalahan Pengaturan Keuangan yang Mungkin Kamu Lakukan - Bintang.com

Posted: 11 Aug 2015 04:12 AM PDT

Bintang.com, Jakarta Mengatur keuangan memang kadang sulit dan terkesan rumit. Karena beberapa buku populer mengenai manajemen keuangan pribadi disajikan dengan kata-kata tingkat tinggi. Hal yang paling mendasar adalah berhemat. Dan sebagian besar orang menghemat uang mereka. Tapi apakah cara mereka sudah benar? Ada beberapa kesalahan yang harus kamu ketahui ketika kamu mengatur keuangan. 

#1

Sebagian orang hanya tahu pokoknya irit. Tapi irit yang bagaimana? Sebagian dari mereka menekan pengeluaran dengan tujuan masih ada uang simpanan untuk bersenang-senang. Contohnya, kamu menekan anggaran untuk ongkos ke kampus atau ke kantor. Tapi kamu malah memilih makanan yang cenderung mahal. 

#2

Kamu enggak memisahkan tabunganmu. Ketika kamu mandapatkan penghasilan bulanan, kamu hanya punya satu akun bank. Semua uang makan, belanja, senang-senang dan investasi kamu campur adukkan. Akhirnya semua uang kamu habis karena kamu enggak tahu berapa masuk berapa keluar. Nah, sebaiknya kamu punya tiga akun bank. Supaya kamu bisa pantau keuanganmu. 

#3

Kamu enggak memisahkan uang untuk investasi. Enggak perlu juga investasi di bidang saham, emas, surat hutang dan asuransi. Tapi kamu bisa menyisihkan 30% dari gaji bulananmu untuk menghasilkan uang tambahan lebih banyak. Misalnya menjadi modal untuk buka usaha kecil-kecilan. 

#4

Kamu menganggarkan 30% dari seluruh gajimu untuk berbelanja baju, buku dan travelling. Padahal 30% dari gajimu harusnya kamu simpan untuk investasi. 10% dari gajimu bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang dan memanjakan diri. 

#5

Nah, sisanya, 60% dari penghasilanmu untuk keperluanmu selama satu bulan. Tapi sebagian orang enggak menghitung berapa banyak ongkos yang harus dikeluarkan selama satu hari. Berapa banyak kamu butuh untuk makan dalam satu hari. Itu semua harus kamu hitung. Perhari, bukan perbulan, agar kamu lebih teliti selama waktu penghematan. Anggarkan juga untuk biaya listrik, bensin, air, dan keperluan rumah tangga lainnya jika diperlukan.

Nah itu dia lima kesalahan dalam mengatur keuangan pribadimu. Dengan mengetahui kesalahannya, kamu akan tahu cara dan ketentuan yang benar. Sehingga kamu enggak salah dalam mengelola pendapatan perbulanmu. 

Baca juga: 7 Tips Cerdas Mengelola Keuangan untuk Kamu Para Mahasiswa

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.04  

0 komentar:

Poskan Komentar