“Buka Akses Transportasi Udara, Genjot Perekonomian Kobar - Kalteng Pos”

Sabtu, 08 Agustus 2015

“Buka Akses Transportasi Udara, Genjot Perekonomian Kobar - Kalteng Pos”


Buka Akses Transportasi Udara, Genjot Perekonomian Kobar - Kalteng Pos

Posted: 08 Aug 2015 03:43 AM PDT

Sosok Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ujang Iskandar memang tidak perlu diragukan lagi dalam memimpin daerah. Buktinya, selama dua periode mengabdikan dirinya untuk membangun Kabupaten Kobar, berbagai keberhasilan telah dicapainya dalam memajukan daerah yang dipimpinnya ini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

SALAH satu keberhasilan itu yakni mengangkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kobar. Keberhasilannya mengangkat pertumbuhan ekonomi Kobar, ini tidak lepas dari upaya kerja kerasnya untuk membuka akses transportasi udara agar warga Kobar bisa nyaman bepergian, dan warga dari luar daerah bisa berdatangan ke Kobar.

"Ada satu upaya yang telah kita lakukan selama ini, untuk membangun Kobar, agar perekonomian masyarakatnya bisa berkembang. Di antaranya yakni akses tranportasi udara, dengan membangun Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Fasilitasnya tiap tahun kita tambah. Dengan menggelontorkan dana daerah, khususnya untuk memperpanjang landasan pacunya. Disamping itu menjalin kerjasama dengan pihak maskapai," ujar Ujang kepada Kalteng Pos, baru-baru ini.

Menurut dia, akses transportasi udara itu saat ini menjadi satu-satunya akses bagi wilayah Barat Kalteng.  Kemudian juga dimanfaatkan oleh warga dari provinsi lainnya. Khususnya Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar).

"Adanya jalur transportasi penerbangan ini, membuat ekonomi masyarakat Kobar kini meningkat tajam. Karena dengan adanya transportasi ini, menyebabkan warga dari berbagai daerah bisa berdatangan ke Kobar. Kondisi ini  sekaligus dimanfaatkan warga Kobar untuk menawarkan usaha. Baik itu usaha jasa, perhotelan maupun lainnya. Sehingga akhirnya saat ini bisnis perhotelan banyak dibangun di Kobar. Karena dianggap menjanjikan," bebernya.

Selain bisnis tersebut, lanjut dia, usaha lainnya yang juga menyebabkan ekonomi Kobar terangkat, adalah dari segi pendapatan para usaha kecil menengah (UKM) di Kobar. Dimana, semenjak akses transportasi ini sukses berjalan, para pemilik UKM di Kobar juga tumbuh maju pesat. Sehingga saat ini masyarakat Kobar sudah banyak yang hidup mandiri.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kobar Johansyah S. Si. Menurut dia, sejak terbukanya akses transportasi udara di Kobar beberapa tahun terakhir, berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi didaerah. Terutama untuk sektor penjual jasa dan perhotelan, serta UKM. Sehingga, akhirnya membantu menopang laju pertumbuhan ekonomi didaerah. (elm)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.17  

0 komentar:

Poskan Komentar