“"Kami Rakyat Kecil Enggak Ngerti Apa Itu Merdeka" - Okezone”

Jumat, 14 Agustus 2015

“"Kami Rakyat Kecil Enggak Ngerti Apa Itu Merdeka" - Okezone”


"Kami Rakyat Kecil Enggak Ngerti Apa Itu Merdeka" - Okezone

Posted: 14 Aug 2015 12:24 PM PDT

JAKARTA - Menyusuri Gang Masjid di kawasan Kampung Bulak, Klender Jakarta Timur, masih terselip kawasan kumuh yang sangat tidak layak huni.

Bahkan, di sepanjang rel kereta menjelang Stasiun Sentiong, masih banyak warga yang tinggal hanya beratapkan kain sarung sebagai 'istana' peristirahatan mereka.

Begitulah sekelumit kisah kejamnya hidup di Ibu Kota Jakarta. Memasuki usia 70 tahun Indonesia merdeka dari masa penjajahan, ternyata masih ada warga yang belum merasakan arti pentingnya menjadi bangsa yang merdeka.

Salah satunya ialah Tuminem, wanita paruh baya yang berdomisili di Kampung Bulak, Klender.

"Suami saya cuma buruh serabutan. Tinggal di sini kita ngontrak. Pendapatan enggak menentu. Apalagi sembako pada naik semua. Sama aja merdeka atau enggak merdeka enggak ada bedanya," kata Tuminem saat ditemui Okezone, belum lama ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh janda beranak satu, Rubiah. Wanita berusia 48 tahun ini sehari-harinya berdagang nasi uduk di tempat tinggalnya. Sehari-hari ia hanya mendapat untung Rp20 ribu. Uang tersebut hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari.

Parade Lippo Sambut HUT ke-70 RI

"Gimana mau buka usaha yang gede, modal aja enggak punya. Saya kan janda ya bersabar aja. Sehari bisa makan aja ya syukur. Kami rakyat kecil ini enggak ngerti-lah apa merdeka itu," paparnya.

Tidak hanya di Kampung Bulak, bahkan di bawah fly over di samping Stasiun Klender masih ada masyarakat berdagang dan memungut sampah. Kawasan yang jauh dari kata sehat. Begitulah segelintir potret kemiskinan di kota metropolitan.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 13.23  

0 komentar:

Poskan Komentar